// ASM Blog // On-Selasa, 11 Oktober 2016


Pengertian Inovasi Sistem Informasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)   inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Dari pengertian inovasi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah proses kreatif dalammelakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada. Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang menjadi suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.

Sedangkan Inovasi SI adalah kegiatan meneliti, mengembangkan, dan atau pun merekayasa yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada dalam bidang sistem informasi.


Pengertian Teknologi Informasi Modern
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Ada juga pengertian Teknologi Informasi Modern dari sumber yang lain yaitu, studi sebuah struktur, tingkah laku, dan interaksi yang menggabungkan komputer dengan alat komunikasi untuk menyimpan, menerima, dan memanipulasikan penyimpanan data .Maksudnya Teknologi Informasi didefinisikan sebagai hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.


Manfaat Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern
Inovasi dalam sistem informasi berguna untuk mengembangkan operasi operasi manajemen yang digunakan berbagai macam perusahaan. Contohnya manfaat dalam Sistem Informasi adalah meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan inovasi bisnis, membangun sumber sumber informasi strategis.
Dalam Teknologi Informasi, inovasi inovasi yang baru dapat menghasilkan sebuah produk yang berkembang. Dapat juga membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu. Bahkan perusahaan.


Contoh Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern
Radio

Radio adalah sebuah alat dari perkembangan Teknologi Informasi yang pada zamannya digunakan untuk mendengarkan informasi dari suatu tempat dan kejadian tertentu yang berada jauh dari tempat para pendengar. Pada zaman kemerdekaan bangsa Indonesia, radio digunakan untuk menginformasikan seluruh rakyat Indonesia bahwa saat itu Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Televisi

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan. kita tak perlu ketempat yang jauh untuk melihat kondisi dari suatu kejadian tertentu yang jauh atau bahkan sangat jauh.

Sosial Media

Sosial media sekarang ini penuh inovasi setiap tahunnya. Mulai dari facebook, twitter, snapchat, instagram, dan lain-lain. Ada yang berbasiskan video, gambar, bahkan tag lokasi. Dari awalnya hanya update status, ganti profile picture. Sekarang semua bisa di update melalui sosial media. Hal hal yang tidak kita mau lewati bisa kita post ke sosial media.

Teknologi Robot

Perkembangan robot saat ini sungguh luar biasa. Beberapa diantara robot digunakan untuk membantu perusahaan membuat mobil. Bahkan ada robot yang dibuat mirip manusia yang disebut Humanoid. Bahkan ada alat seperti tangan buatan yang terbuat seperti tangan robot yang dapat digunakan untuk orang-orang yang tidak memiiki tangan atau kekurangan pada fisik.

VR

Virtual Reality dalam bahasa indonesia disebut Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam lingkungan tersebut.

Teknologi Gaming

Untuk terciptanya alat gaming yang stabil dan efektif terhadap si pengguna. Teknologi gaming semaking berkembang. Contohnya Playstation Eye yang mendeteksi gerakan pemain, sama halnya seperti kinect. Lalu ada juga motion gesture, seperti Nintendo Wii, dan yang terakhir teknologi gaming yang terbaru itu ada virtual reality. Virtual reality diharapkan kedepannya bisa membawa pemain merasakan masuk kedalam game.

Drone

Drone merupakan adalah pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis. Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menyeluruh yang direkam oleh drone dari udara.

Komputer dan Smartphone

Komputer dapat membantu anda mencari Informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat tanpa harus menunggu untuk mendapatkannya. Terutama jika komputer telah terhubung dengan internet.


Sama halnya dengan komputer, smartphone juga mampu mencari informasi yang anda butuhkan dengan cepat. hanya saja yang membedakannya, mencari informasi menggunakan smartphone bisa dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan dan kuota internet anda.

Tentu saja masih banyak lagi contoh lainya, dengan adanya beberapa contoh tersebut anda dapat menggali informasi lebih dalam dalam sesuai keinginan anda dalam pemakaiannya, namun dengan harga yang lumayan tinggi. bahkan ada yang sangat tinggi.

Sumber :
http://www.ikerenki.com/2013/11/manfaat-komputer-dalam-kehidupan-sehari.html
https://www.facebook.com/notes/andri-anto/apa-itu-drone/10152690780491796/
http://havidrinaldy08.blogspot.co.id/2016/10/inovasi-si-ti-modern.html
https://pungbear.blogspot.co.id/2016/10/tugas-inovasi-si-teknologi-informasi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://aripratama.com/apa-itu-virtual-reality/
https://id.wikipedia.org/wiki/Televisi
http://rivaiug.blogspot.co.id/2016/10/inovasi-sistem-informasi-teknologi_6.html
http://teknologi.metrotvnews.com/read/2014/12/19/334105/tangan-robot-untuk-penyandang-cacat-bisa-dikendalikan-dengan-pikiran 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.